Selasa, 29 Desember 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMA Negeri Taruna Bangsa
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Mempraktikkan permainan tanpa alat loncat kangguru dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar : Melakukan rangkaian permainan loncat kangguru serta nilai kerjasama, kedisiplinan, dan tanggung jawab.
Indkator : 1. Siswa mengerti bentuk permainan loncat kangguru beserta aturan-aturannya.
2. Siswa mengerti konsep meloncat dan melompat.
3. Siswa mampu melakukan praktik permainan loncat kangguru secara berkelompok.
4. Siswa mampu menerapkan sikap kerjasama, kedisiplinan, dan tanggung jawab di dalam kelompok.
5. Siswa melakukan gerakan meloncat dari posisi jongkok dengan benar.
6. Siswa dapat melakukan permainan sederhana bersifat kompetisi.
7. Siswa merasakan senang setelah bermain.
Alokasi Waktu : 2x40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan permainan tanpa alat loncat kangguru dan mampu meloncat dari posisi jongkok dengan benar.

B. Materi Pembelajaran
Bermain: permainan tanpa alat loncat kangguru.

C. Metode Pembelajaran
- inclusive (cakupan)
- demonstrasi
- part and whole (bagian dan keseluruhan)
- reciprocal (timbal balik)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
• Siswa dibariskan menjadi empat bersaf.
• Guru menyiapkan siswa, membuka pelajaran dengan berdoa, kemudian presensi.
• Guru memberikan penjelasan materi permainan loncat kangguru.
b. Kegiatan Inti
• Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 anak.
• Semua kelompok saling bertanding.
• Dalam setiap kelompok, anggota kelompok membentuk satu garis lurus, dan dalam posisi duduk, kaki dilunjurkan lurus. Jarak antar anak kurang lebih 1 meter.

• Anak pada posisi pertama jongkok di belakang garis start, kemudian setelah aba-aba start, anak meloncat melewati kaki teman-temannya, satu demi satu.

• Setelah melewati pemain terakhir, pemain yang meloncat tadi kemudian duduk di posisi setelah pemain terakhir, dengan jarak yang sama.

• Setelah duduk, baru kemudian pemain yang tadi berada pada posisi dua gantian yang meloncat. Begitu seterusnya sampai pemain posisi lima selesai meloncat.

• Regu yang paling cepat adalah pemenangnya. Yaitu sampai pemain terakhir atau pemain kelima selesai meloncat.

• Jarak duduk harus selalu sama, berdasarkan titik-titik yang telah ditentukan sebelumnya.

c. Kegiatan Akhir
- Siswa dibariskan.
- Evaluasi.
- Berdoa kemudian ditutup.

E. Sumber Belajar
- Lapangan
- Buku panduan.


Yogyakarta, 11 November 2009

Guru Mata Pelajaran


Isnan Aziz Hisbullah
NIM: 07601244085

Tidak ada komentar:

Posting Komentar